Sejarah Informatisasi Saumlaki

Hot News:…

Internet masuk pertama kali ke Saumlaki pada tahun 2006, lewat Program Jardiknas dengan memberikan bantuan infrastruktur konektifitas jaringan internet dengan Kapasitas 1:1 512 kbps kepada Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Maluku Tenggara Barat memberikan sejarah awal Internet (Media Teknologi) dengan membentuk Tim ICT Kabupaten hingga sekarang belum ada pengembangan kedepan hanya sebatas pengelolaan Data Pokok Pendidikan (DAPODIK) dengan Kapasitas Bandwith 1:1 1 mbps.

Pada tahun 2007 Depdiknas lewat Disdikpora Kab. MTB memberikan bantuan 1 Perangkat ICT ke SMK Negeri 2 Saumlaki dengan kapasitas Bandwith 1:1 512 kbps kenyataannya telah mengembangkan konektifitas 30 ~ 60 PC dan Wireless (W-Brond) sebagai Pusat Pemelajaran Komunitas Pendidikan (Belum ada Website hanya sebatas Weblogsite).

Pemerintah Daerah lewat Dinas Infokom Pengelolaan Data Elektronik mendapat bantuan Pengadaan Infrastruktur Jaringan Komunikasi Pusat dan Daerah (JARKOMPUSDA) telah mendesign Maluku Tenggara Barat website. http://www.mtbkab.go.id hingga saat ini belum ada pengembangan kedepan karena administrator updating masih ada kewenangan dari Propinsi Maluku.

Pada tahun 2008 Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Badan Informatisasi Korea (National Informatization Agency) dalam Program Pendidikan dan Pelatihan IT Korea (Korea Information and Technology Learning) yang disponsori oleh Badan Promosi dan Investasi Digital (Korea Agency for Digital Oportunity and Promotion) memberikan peluang mewakili Indonesia dalam Program 2008 e-Government SI (System Integration)

Pada tahun 2009 Pemerintah Daerah bekerja sama dengan Badan Informatisasi Korea (National Informatization Agency) dalam Program Pendidikan dan Pelatihan IT Korea (Korea Information and Technology Learning) yang disponsori oleh Badan Promosi dan Investasi Digital (Korea Agency for Digital Oportunity and Promotion) memberikan peluang mewakili Indonesia dalam Program 2009 ASEAN Rural ICT on Community Development. Hasil ini memberikan dampak dan dukungan Kerja sama Regional Negara-negara ASEAN dalam pelaksanaan Green IT World Pertemuan di Laos pada bulan Oktober kesepakatan dalam kerja sama.

Pada bulan Juli 2009 berdasarkan Kesimpulan hasil Presentasi dan Kajian oleh Tim (Inisitor) kepada pemerintah mengusulkan pembentukan Komite Program Informatisasi Saumlaki sebagai Pusat Media Informasi (on program Infokom dan PDE) dengan Draft kelembagaannya.

Berdasarkan itu pula hasil seleksi Proposal dari seluruh Propinsi Kab/Kota tentang penyebaran informasi public lewat Media Center, maka Kabupaten Maluku Tenggara Barat termasuk dalam 11 Kabupaten/Kota yang mendapatkan Bantuan Kegiatan Operasional Penyebaran Informasi Publik lewat Media Center.

Pada bulan September 2009 melalui koordinasi dan konsultasi Team Focal Point (Dinas Perhubungan, Kominfo) melakukan presentasi pemahaman persepsi tentang Visi, Misi dan Tujuan serta Strategi Pelaksanaan Saumlaki Media Center kepada Staf Ahli Bupati guna mempersiapkan materi Pembentukan SMC Organisasi atau dibawah Dinas Teknis terkait. Konsep Awal adalah…

Berpikir untuk Maju mengatasi permasalahan yang lalu…

Pusat Informasi Saumlaki (Saumlaki Media Center) singkatan SMC adalah proses membangun “transformasi” Masyarakat Informasi kepemerintahan, Kedaerahan, potensi dan peluang serta investasi yang diberdayakan oleh teknologi, khususnya komputer dan internet.

Sebagai langkah awal rencana aksi (Action Plan) Kelompok Kerja (Working Group) bekerja sama dengan Seksi Media Peliputan serta Manager RPD (Radio Pemerintah Daerah) Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika mendesign Weblogsitus (Blog) Organisasi Saumlaki Media Center yang telah di publikasi lewat ISP (Internet Service Provider) Pra bayar Perusahan WORDPRESS.COM tanggal 01 Oktober 2009, dengan nama https://smckabmtb.wordpress.com dan email: smckabmtb@gmail.com yang memuat sekilas perkembangan Saumlaki dan Menu Unggulan adalah Bupati Menjawab.

Pada kenyataannya setelah diluncurkan beberapa minggu kemudian Pengunjung (Visitor) yang membaca /hari 20 ~ 30 org yang ingin mencari Informasi tentang Saumlaki Kabupaten Maluku Tenggara Barat total jumlah kunjungan pageview sebanyak 1978.

Keadaan per 09 Maret 2010 sudah mencapai 267 org/page  dan Jumlah Negara yang berkunjung 11 Negara, yang mendominasi adalah US (Amerika Serikat 84 org/page)… maka total 1.574 org/pageview

kedepan akan mendesign website/portal menjadi http://www.smc.or.id atau http://www.smc.org…

Tim Kajian SMC…

Prediksi dan Kajian

Prediksi kedepan sebagai arah berpikir adalah “Pembangunan Sarana dan Prasarana :Jalan, Jembatan, Dermaga membutuhkan waktu yang sangat lama, akan tetapi dengan informasi berubah jarak dan pola pikir dalam sedetik”

Banyak pertanyaan dan komentar?… Bisa tidak dilaksankaan program ini?… Apakah SDM sudah siap di Saumlaki?… Jawabannya… Mau atau tidak mau… kita harus berada di dalam DUNIA MAYA (Cyber Space) dimana informasi dapat merubah jarak dan komunikasi dapat merubah pola pikir…

4 responses to this post.

  1. Posted by Raymond on March 16, 2010 at 12:42 pm

    Suatu kemajuan besar di MTB…namun akan lebih maju lagi jika SDMnya lebih diasa sehingga tindak menjadi penonton kelak… maju terus pantang mundur

    Reply

  2. mat pagi, kru smc kab mtb ysh,
    mohon dilengkapi atau ditambah menu opini dan profil dari pipmpinan skpd mtb.
    terima kasih,
    herman r, papua

    Reply

Leave a comment